Menyoal Peran Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP)

HMI, (News-Online) : Organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) idealnya menjadi wadah pembinaan calon pemimpin masa depan. Di OKP ini, pembinaan mental calon pemimpin mulai dilakukan. Tapi benarkah OKP telah memainkan peran penting itu. Ketua KNPI Kota Cilegon Hidayatullah mengaku organisasi yang dipimpinnya telah melaksanakan program sesuai porsinya yakni sebagai wadah organisasi kepemudaan tanpa menjadi alat politis pemerintah. Pembinaan-pembinaan terhadap anggota telah dilakukan untuk membina potensi kepemimpinan dalam tubuh pemuda. “Kalau banyak orang bilang organisasi kita sebagai alat politis pemerintah, kita menepis itu. Justru kita banyak membuat program untuk membina leadership anggota,” kata Hidayat.

Beberapa program pembinaan yang selama ini berjalan, kata Hidayat, antara lain bakti sosial, lomba karya tulis ilmiah, parade band, serta olahraga.

Ia tidak menyangkal jika organisasi yang dipimpinnya dekat dengan pemerintah. Namun, katanya, hal tersebut tidak menjadikan KNPI anti-kritik terhadap pemerintah. Justru, menurut Hidayat, jika ada anggota KNPI tidak sejalan dengan kebijakan pemerintah tidak pernah mengekang melontarkan kritik.

“Kita sering satu persepsi dengan pemerintah, tapi tidak pernah mengekang soal kritikan-kritikan terhadap pemerintah. Tapi kita berusaha menyampaikan kritikan dengan gerakan yang santun dan intelektual,” katanya.

Di tubuh KNPI sendiri, ujar Hidayat, ada beberapa organisasi sayap atau underbow partai politik. Namun demikian, hal tidak menjadi permasalahan yang patut diperdebatkan selama para aktivis bisa memosisikan diri. “Yang terpenting semangat persatuan dan kesatuan selalu terjaga,” paparnya.

Menyoal sumber pendanaan organisasi, Hidayat tidak menampik sebagian besar bersumber dari pemerintah daerah. Menurutnya, pemerintah memiliki kewajiban mengucurkan anggaran bagi organisasi kepemudaan. “Ini mengacu UU No 40/2009 tentang Kepemudaan, dimana pemuda memiliki hak untuk mendapatkan budget (anggaran-red) dari pemerintah,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Cilegon Arie Shelliawan Arif mengatakan, perlu mengembalikan peran pemuda agar bersifat kritis. “Karang Taruna sendiri berusaha membina kekritisan anggota melalui diklat,” ujarnya.

Jika Karang Taruna kerap dinilai mendukung pemerintah, Arie tidak membantah. Menurutnya, Karang Taruna didirikan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mengentaskan permasalahan sosial. Ia mengakui jika setiap tahun mendapat anggaran dari pemerintah daerah melalui Dinas Sosial (Dinsos). “Pada 2010 kita terima Rp 29 juta, untuk 2011 anggaran tersebut naik menjadi Rp 115 juta,” katanya.

Ketua Karang Taruna Indonesia (KTI) Provinsi Banten Andika Hazrumy mengatakan, meski baru namun KTI Banten sukses menyelenggarakan event besar yakni Obor Nusantara. “Mungkin kegiatan Obor Nusantara ini kegiatan biasa tapi Banten menjadi penyelenggara terbaik yang diakui KTI pusat,” ujarnya.

Andika merencanakan menggerakkan pemuda dalam konteks peningkatan taraf perekonomian. Misalnya, kata dia, menyelenggarakan pelatihan wirausaha pemuda sseperti perbengkelan dan sablon. “Karang Taruna lebih konkret mengurangi angka pengangguran,” ujarnya.

Di tempat berbeda Ketua KNPI Banten Eten Hilman menolak anggapan KNPI menjadi mesin politik tertentu. Eten mengatakan, organisasi kepemudaan seperti KNPI tidak mungkin menjadi mesin politik. “Tidak mungkin itu (mesin politik-red). Saya sebagai ketua KNPI kalau ingin menggalang dukungan untuk orang tertentu bisa-bisa saya dicopot oleh anggota. Kita tetap berpegang teguh pada asas independen dan terbuka,” ujar Eten saat ditemui di Rumah Makan Dilla, Kota Serang, Minggu (24/10).

Terkait kemungkinan KNPI tunduk pada Pemprov selaku pemberi anggaran melalui ABPD, Eten juga menampiknya. Menurut Eten, dana yang diberikan Pemprov melalui APBD sudah menjadi kewajiban. “Pemerintah daerah diwajibkan membina dan memfasilitasi organisasi yang melibatkan kepemudaan. Jadi itu sudah kewajiban, tanpa harus kita minta sudah menjadi amanat UU itu,” ungkapnya.

Eten mengatakan, KNPI tengah berkonsentrasi mengembangkan kreativitas dan semangat pemuda di Banten. Salah satunya dengan membuat program enam gerakan aksi pemuda yaitu sosialisasi HIV/AIDS, peduli pendidikan, kewirausahaan, sadar hukum, gerakan anti-narkoba, dan gerakan giat membaca. “Kita sudah lakukan itu sejak awal tahun. Termasuk membantu korban bencana alam. Namun tidak bisa dimungkiri, kita terbentur oleh dana,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua GP Ansor Provinsi Banten Lukman Hakim mengatakan, pembinaan kompetensi di masing-masing organisasi kepemudaan masih dilakukan secara personal belum massal. Padahal, pembinaan secara massal itulah yang bisa menjadi pemicu pemuda untuk lebih optimal. “Butuh kesadaran kolektif semua elemen pemuda dari lintas organisasi. Masalah pengangguran juga seharusnya pemuda turut memberikan kontribusi tapi faktanya justru pengangguran paling banyak pada kalangan pemuda,” katanya.

Sementara Ketua Pemuda Muhammadiyah Banten Tb Maman Suherman mengatakan, pemuda mulai kehilangan karakter karena pragmatisme dan hedonisme Barat. “Tak heran jika banyak organisasi kepemudaan tak lagi mementingkan idealisme. Akhirnya banyak demo bayaran untuk mengkritisi pemerintah,” ujar Maman, Jumat (22/10).

Menurut Maman, kondisi ini jauh berbeda dengan peran pemuda yang menjadi aktivis era 1990- an. “Sebut sajalah aktivis 1998, mereka idealis. Tapi berbeda saat ini, seperti yang saya katakan bahwa pragmatisme sudah masuk ke diri pemuda,” katanya.

Agar jiwa kritis para pemuda tetap tertanam, ujarnya, para pemuda sebaiknya mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi sehingga sikap kritis kembali timbul. “Melalui pembinaan pengkaderan dalam organisasi saya rasa bisa menumbuhkan pemuda yang kritis,” jelasnya.

Mengenai pandangan masyarakat bahwa OKP dijadikan alat politis oleh penguasa dan pemerintah menurut Maman anggapan itu sah-sah saja. Yang terpenting, katanya, organisasi kepemudaan bisa menghindari hal tersebut agar tidak terjebak dalam politik pragmatis. “Berpolitik boleh-boleh saja asal bisa menempatkan diri dan tidak mencampuradukan saat berada di organisasi dengan keberadaan di parpol,” ungkapnya. radarbanten.com

1 komentar:

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.cc

Posting Komentar